• Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Minggu, 09 Desember 2012

Cara Menginstall Windows 8 Dengan USB Flashdisk

Versi Pra-Beta dari Operating Sistem Windows 8 Sudah bisa di download (tidak resmi). Mungkin sebagian dari kita telah mempersiapkan untuk memakai Windows 8 ini, dan salah satu cara terbaik dan cepat untuk menginstall windows 8 atau windows 7 ialah dengan memakai USB flashdisk.
Karena sebagian besar dari motherboard yang tersedia saat ini mendukung booting melalui USB, sekarang kita akan mencoba untuk menunjukkan cara menyiapkan USB flashdisk bootable untuk menginstall Windows 8, Meskipun banyak utilitas gratis yang tersedia untuk membuat USB flashdisk menjadi bootable (bisa booting layaknya CD/DVD), tapi kebanyakan utilitas gratis tidak bekerja dengan sempurna, kali ini kita akan menggunakan cara yang mudah dan simpel yang tentunya 100% bekerja yaitu menggunakan Command prompt saja.
Persyaratan :

Siapkan alat dan bahan berikut.



Windows 7 USB/DVD Download Tool adalah software resmi dari Microsoft yang berguna untuk memformat USB flashdisk dan menyalin file ISO Windows. Walau namanya Windows 7 USB/DVD Download Tool, software tersebut bisa digunkan untuk Windows 8.


Setelah alat dan bahan tersedia, ikuti langkah mudah berikut.

Langkah 1: Tancapkan USB Flashdisk ke port USB di PC, laptop, atau netbook Anda.

Langkah 2: Install Windows 7 USB/DVD Download Tool lalu jalankan.

Langkah 3: Klik Browse lalu cari file ISO Windows 8, pilih dan klik Open.


pilih ISO WIndows 8

Langkah 4: Klik Next lalu pilih USB Device


Pilih USB device


Langkah 5: Pilih USB Flashdisk Anda pada menu dropdown, klik ikon refresh bila USB Anda belum muncul, pastikan Anda tidak salah memilih USB. Setelah itu klik Begin copying.


Pilih Flashdisk

Langkah 6: Proses penyalinan file ISO Windows 8 akan berlangsung beberapa menit. Tunggu sampai status Backup completed muncul.


proses pengkopian ISO Windows 8

Sampai di sini proses pembuatan bootable USB telah selesai.

Langkah selanjutnya adalah menginstall Windows 8 menggunakan bootable USB.


Langkah 1: Pastikan USB flashdisk masih terpasang, lalu restart komputer Anda untuk booting komputer melalui USB flashdisk.

Langkah 2: Tekan tombol apa saja saat pesan Press any key to boot from external device muncul di layar.

Langkah 3: Tunggu beberapa saat, logo Windows 8 akan muncul di layar komputer Anda.

logo windows 8

Tunggu sampai file-file yang diperlukan untuk installasi selesai dimuat.
Langkah 4: Pilih bahasa yang akan digunakan saat installasi, format waktu dan mata uang, dan juga keyboard layout. Bila Anda tidak yakin, Anda dapat mengganti pengaturan tersebut setelah installasi selesai. Setelah itu, klik Next.
windows 8 setup

Langkah 5: Klik Install Now
windows 8 install now

Langkah 6: Tunggu beberapa saat, proses installasi akan segera dimulai
installasi windows 8 dimulai

Langkah 7: Masukkan Produk Key Windows 8 Anda lalu klik Next.
product key windows 8

Langkah 8: Centang I accept the license terms dan klik Next.
windows 8 license terms

Langkah 9: Pada langkah ini, Anda dapat memilih Upgrade atau Custom, kami menyarankan Anda memilih Custom untuk hasil installasi Windows 8 yang benar-benar clean.
upgrade windows 8

Langkah 10: Pilih partisi harddisk C, bila ruang kosong partisi tidak mencukupi, format partisi tersebut melalui Drive Option (advanced). Pastikan Anda tahu dan paham apa yang Anda lakukan pada langkah ini lalu klik Next.
pilih partisi harddisk windows 8

Langkah 11: Tunggu proses installasi Windows 8 hingga selesai. Proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit, tergantung spesifikasi komputer Anda.
menunggu proses installasi windows 8

Langkah 12: Setelah proses installasi (tahap pertama) selesai, layar berikut ini akan muncul, tunggu 10 detik atau klik Restart now untuk merestart komputer Anda.
restart windows 8

Langkah 13: Setelah restart, (untuk beberapa kasus) akan muncul perintah Press any key to boot from external device, pada kasus ini jangan tekan tombol apapun. Beberapa saat kemudian, logo Windows 8 akan kembali muncul, tunggu sampai proses installasi (tahap kedua) selesai.
windows 8 getting ready

Langkah 14: Setelah proses installasi (tahap kedua) selesai, komputer akan restart kembali. Tunggu sampai layar ini muncul. Pilih warna dan beri nama komputer Anda, lalu klik Next.
windows 8 personalize

Langkah 15: Bila komputer Anda mendukung Wireless Network, layar setting Wireless akan muncul, bila tidak, layar berikut akan muncul. Klik Customize untuk mengubah setting awal Windows 8, atau klik Use express setting untuk memilih setting bawaan Microsoft.
windows 8 setting

Langkah 16: Selanjutnya Sign in dengan akun Microsoft Anda (ini penting bagi Anda yang ingin memanfaatkan fitur-fitur menarik Windows 8), bila Anda belum punya akun Microsoft, gunakan alamat email Anda untuk Sign in lalu klik Next.
sign in windows 8

Langkah 17: Akhirnya Installasi Windows 8 hampir selesai, tunggu beberapa saat dan Windows 8 Anda akan segera siap untuk digunakan :)


windows 8 finalizing
windows 8 ready

windows 8 clean install final

Sampai di sini proses installasi Windows 8 telah selesai, selanjutnya Anda dapat mencoba fitur-fitur baru Windows 8, menginstall driver yang sekiranya belum tersedia, atau mengunjungi Apps Store untuk menginstall aplikasi-aplikasi menarik yang khusus dibuat untuk Windows 8
Catatan: Pastikan pada settingan BIOS dikomputer kita prioritas boot pertama memakai USB Flashdisk.
Untuk menguji/mengetest apakah flashdisknya bisa booting silahkan ke tekape berikut ini:
Cara menguji booting flashdisk dengan VirtualBox
Dan juga bagi yang belum tahu langkah2 menginstall windows 8, silahkan klik link dibawah ini :
Langkah2 Cara Menginstall windows 8 (Lengkap dengan gambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar